Ketersediaan Akses Layanan Kesehatan Melalui Kegiatan Posyandu Lansia

Kalangdosari (14/01) – Posyandu Lansia di desa Kalangdosari dilaksanakan dari pukul 10.00 hingga 12.00 setiap tanggal 14 tiap bulannya dan berlokasi di Balai Desa Kalangdosari yang diselenggarakan oleh Bidan Desa dan Kader Posyandu Desa Kalangdosari. Kegiatan ini ditujukan untuk para lansia di Desa Kalangdosari untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan di posyandu lansia dilakukan oleh bidan desa yaitu Ibu Hervinna Windasari dibantu dengan 3 kader posyandu.

Pemeriksaan yang dilakukan para lansia adalah pemeriksaan tekanan darah, pengukuran berat badan, pengecekan denyut nadi, pemeriksaan keluhan kesehatan dan pemberian obat untuk keluhan yang dirasakan. Pemeriksaan kesehatan para lansia tidak dipungut biaya sama sekali dan pelayanan kesehatan ini didukung oleh puskesmas yaitu Puskesmas Ngaringan. Kegiatan ini merupakan tanggung jawab dari Puskesmas Ngaringan yang termasuk dalam penyediaan kemudahan akses pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

Dan untuk lansia yang memiliki akses jauh dari balai desa, bisa mengikuti posyandu lansia saat diadakan posyandu di setiap dusun di desa Kalangdosari, seperti saat posyandu di dusun Payasan pada tanggal 15 setiap bulannya. Para lansia bisa melakukan pemeriksaan kesehatan setelah posyandu untuk anak-anak dan balita yaitu pemeriksaan berat badan, pengisian buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) dan imunisasi rutin.

Keluhan yang sering disebutkan antara lain pegel-linu, sakit kepala (pusing), tekanan darah tinggi (hipertensi) dan gangguan tidur yang sering dialami oleh para lansia. Dari keluhan tersebut lansia yang melakukan pemeriksaan diberikan obat yang sesuai keluhan ditambah dengan vitamin.

Selain itu penyediaan pelayanan kesehatan oleh perangkat desa di Desa Kalangdosari sudah sangat baik dengan menyelenggarakan posyandu dengan rutin serta para kader posyandu yang berperan aktif.

(Chintya, Mahasiswa KKN TIM I Undip Tahun 2019)

Author: admindesa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *